PENGARUH MODEL CINTA BERBANTU MEDIA TANGRAM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Anis Fataturrohmah, Ruhban Masykur, Suherman suherman

Abstract


Pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas V MIN 5 Bandar Lampung masih rendah, hal ini disebabkan model pembelajaran yang masih konvensional, dan peserta didik yang masih menginginkan permainan dan media pembelajaran. Untuk itu, peneliti ingin mengetahui pengaruh model CINTA berbantu tangram terhadap pemahaman konsep matematis dan untuk mengetahui bahwa pemahaman konsep matematis menggunakan model CINTA berbantu tangram lebih baik daripada menggunakan model CINTA. Model CINTA merupakan perpaduan dari model induktif-kata bergambar dengan model sinetik, dengan sintagmatik Cermati, Identifikasi, Narasikan, Telaah dan Apresiasi. Tangram adalah 7 buah  puzzle yang berasal dari sebuah persegi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V. Sampel Penelitian adalah peserta didik kelas VA sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VD sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik acak kelas. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain posttest only, dan tiga kali pertemuan dengan 2x35 menit perpertemuan. Berdasarkan hasil analisis data maka kesimpulan sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran  CINTA berbantu media tangram terhadap pemahaman konsep, 2) pemahaman konsep matematis menggunakan model CINTA berbantu tangram lebih baik daripada menggunakan model CINTA.

Keywords


Media; Tangram; Model; CINTA; Pemahaman; Konsep; Matematis

Full Text:

PDF

References


Alfeld, P. (2014, April). Understanding Mathematics. Utah: Departemen of Mathematics. Diambil kembali dari math utah edu: http:/www math utah edu/alfeld/math html).

Calhoun. (1999). Teaching beginning reading and writing with the picture word inductive model. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development. Diambil kembali dari http://search.proquest.com/docview/62507922? accountid=10901.

Chin, L. P., Yin, S. j., Lung, W. H., & Yin , L. J. (t.thn.). the impact of using synchronous collaborative virtual tangram in children.

Dwi, M., Gimin, S., & Rini, A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2 No.1.

Firstya, E. D. (t.thn.). Model CINTA sebagai Inovasi Modal Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk pengoptimalan keterampilan menulis SMP. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia.

Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika.

Karim, M. A. (2009). Pendidikan Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka. Jakarta: Universitas Terbuka.

Karim. , A. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal.bull-math.org.Vol.1, No.1, 32.

Kiki, Y., & Sahat, S. (2015). The Development of Learning Devices Based Guided Discovery Model to Improve Understanding Concept and Critical Thinking Mathematically Ability of Students at Islamic Junior High School of Medan .

Lee, C. W., Huang, J. K., Chou, W. S., Sun, H. H., Yeh, T. Y., Huang, M. J., & Chen, H. C. (2008). Development of ageometry learning game with tangible user interfaces. , . Proceedings of the World Conference on Educational Multimedia. Hypermedia and Telecomm.

Lee, C.-W., Huang, J.-K., Chou, W.-S., Sun, H.-H., Yeh, T.-Y., Huang, M.-J.,

& Chen, H.-C. (2008). Development of ageometry learning game with tangible user interfaces. , Hypermedia and Telecomm. (t.thn.). Proceedings of the World Conference on Educational Multimedia.

Margono, S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Olkun, S., Altun, A., & Smith, G. (2005). Computers and 2D geometric learning of Turkish fourth and fifth graders. British Journal of Educational Technology, (hal. 36(2), 317-326).

Purwanto. , M. N. (2002). Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda karya.

Russell, D. S., & Bologna, E. M. (1982). Teaching Geometry with Tangrams.,. Arithmetic Teacher, 30(2), 34-38.

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan Konstektual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi, Vol. 3, No. 2.

Sedighian, K., & Klawe, M. (1996). Super Tangrams: A childcentered approach to designing a computer supportedmathematics learning environment. International Conference on Learning Sciences. Evanston.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alpabeta.

Suherman. (2017). Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pokok Bilangan Dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 86-100.

Vera, D. O. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematik Dan Sikap Positif Terhadap Matematika Siswa SMP Nasrani 2 Medan Melalui Pendekatan Problem Posing”, . Jurnal Saintech , Vol. 06, No. 04.

Xuan, J., & Kyle, P. (2013). A Conceptual Paper on the Application of the Picture Word Inductive Model Using Bruner’s Constructivist View of Learning and the Cognitive Load Theory. Interdisciplinary Journal of Teaching and Learning,, Vol. 3, No. 1.

Yang, J. C., & Chen, S. Y. (2010). ., & . (). Effects of gender differences and spatial abilities within a digital pentominoes game. ,. Computers in Education, 55(3), 1220-1233.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.