PENGARUH STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW (PQ4R) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Suprijono.(2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anas Sudijono, (2013), Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Asep Jihad, Abdul Haris. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Pressindo.
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni.(2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media. 2010
Bell, F.H. (1978). Teaching and Learning Mathematics (in Secondary Schools. Second
Printing. Dubuque, Iowa: Wm. C. Brown. Company.
Branca, N.A. (1980). Problem Solving as a Goal, Process and Basic Skill. Dalam Krulik,S
dan Reys,R.E (ed). Problem Solving in School Mathematics. NCTM: Reston
Virginia.
Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
Dick, W & Carey, L. 2005. The Systematic Design of Instruction.Boston : Pearson.
Gagné,R.M, Briggs, L.J dan Wager, W.W. (1992). Principles of Instructional Design (4nd
ed). Orlando: Holt, Rinehart and Winstone, Inc.
Hamzah Uno. (2007) .Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif.Jakarta: Bumi Aksara.
Harun Rasyid, Mansur, (2007). Penelitian Hasil Belajar Bandung: CV. Wacana Prima.
Kreshna Wardani, Retnanda. (2016). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Dengan Strategi Pembelajaran
PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Siswa Kelas
VIII (Penelitian Dilakukan Di Smp Negeri 11 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015). Other Thesis. Universitas Sebelas Maret.
Khamidah, K. ; S. (2016). Proses Berpikir Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Di Tinjau Dari Tipe Kepribadian Keirsey, 7(2), 145–162. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/38
Lester, F. K., & Kehle, P. E. (2003). From Problem Solving to Modeling: The Evolution of Thinking About Research on Complex Mathematical Activit. In R. Lesh, & H. M. Doerr (Eds.), Beyond Constructivism – Models and Modeling Perspectives on Mathematical Problem Solving, Learning, and Teaching (pp. 501-517). Mahwah, NJ:
Lawrence Erlbaum Associates.
Made Wena. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenmporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhibbin Syah.(2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Mulyati. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Represebtasi Matematis Siswa SMA Melalui Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, And
Review (PQ4R) (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Sma Di Kabupaten Indramayu).
Jurnal Analisa Volume I Nomor 3. ISSN :2549 – 5143 (Online) : 2549 –
(Print)
NCTM. (1980). Problem Solving in School Mathematics. Yearbook: NCTM Inc.
Puspitasari, R.P. (2003). Strategi-Strategi Belajar. Materi Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Biologi. Jakarta : Direktorat Pendidikan
Lanjutan Pertama. DitjenDikdasmen. Depdiknas.
Polya, G. (1985). How to Solve It . A New Aspect of Mathematical Method (2nd ed).
Princeton, New Jersey : Princeton University Press.
Sahat Saragih, (2014). The Improving of Problem Solving Ability and Students’ Creativity Mathematical by Using Problem Based Learning in SMP Negeri 2 Siantar. Journal
Of Education and Practice . ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online)
Vol.5, No.35, 2014.
Sugiman. (2015). Peran Guru Matematika Dalam Mewujudkan Siswa Yang Konstruktif Melalui Pemecahan Masalah. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. UNY: ISBN. 978-602-73403- 0-5.
Suharsimi Arikunto, (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi
Aksara.
Soedjadi, R.( 2004). CBC PMRI and Education in an Era of Autonomy. Bulletin PMRI
Third Edition. London: ITB KPPMT.
S. Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta:
Bumi Aksara.
Siswono, Tatag, Ahmad Wachidul Kohar, Ika Kurniasari, dan Yuliani Puji Astuti. (2015). An Investigation of Secondary Teachers’ Understanding and Belief on Mathematical Problem Solving. Journal of Physics, 693, (2016) 012015.
Schoenfeld, A. H. (1985). Mathematical problem solving. Orlando, FL: Academic Press.
Trianto,(2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta:
Prestasi Pustaka.
Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inivatif-progresif. Jakarta: kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.