PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arrifadah, Yuni (2004). Pembelajaran Matematika Realistik Pada Pokok Bahasan Luas dan Keliling di Kelas V Sekolah Dasar. Tesis. Program Pascasarjana UNESA Surabaya.
De Bono, Edward. (2007). Revolusi Berpikir Edward De Bono: Belajar Berpikir Canggih dan Kreatif Dalam Memecahkan Masalah dan Memantik Ide-Ide Baru/Edward De Bone. Diterjemahkan oleh: Ida Sitompul dan Fahmi Yamani. Bandung: Kaifa
Diba, F. dkk. (2009). Pengembangan Materi Pembelajaran Bilangan Berdasarkan Pendidikan MAtematika Realistik untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM). Vol 3, No 1. Palembang: PPs Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya
Gravemeijer, K (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Ultrech: Freudenthal institute
Haerudin. (2011). Penerapan Metode SAVI Dengan Pendekatan Induktif dan Peningkatan Berpikir Kreatif Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Volume 1 tahun 2011: 287- 291.
Hazrul Iswadi. (2016). Hasil PISA 2015 Yang Baru Dirilis. http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/230/Overview-of-the-PISA-2015-results-that-have-just-been-Released.html diakses pada tanggal 23 April 2007
Holisin, Lis. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5, No. 3, Hal 1 -68, Surabaya: FKIP UMSurabaya http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/download/166/159
Johnson, Johnson. (2013). The Way of Thinking: Tingkatkan Cara Berpikir agar Lebih Kreatif, Rasional, dan Kritis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Kartini. (2011). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Volume 1 tahun 2011: 145- 153.
Mulyana, dkk. (2015). Makalah Pembelajaran dengan Pendekatan Open-ended Setting Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Tersedia di http://pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/09/ProsidingPendidikanMatematikaPascaUM2016.pdf
Munandar, Utami. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Nasution, Eline Yanty Putri. (2013). Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kreatif Siswa melalui Pendekatan Open-Ended. Prosiding Seminar Nasional Matematika VII UNNES, 26 Oktober 2013: 107-116.
Ningsih, Seri. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM). Vol. 01, No. 2, Hal 73-94. Banjarmasin: IAIN Antasari
Noor, Sri Hastuti. (2011). Makalah Peningkatan Berpikir Kritis Matematika. Tersedia di https://semnaspendmipa.files.wordpress.com/2012/02/prosiding-seminar-nasional-pendidikan-mipa-2011.pdf diakses pada tanggal 23 April 2017
Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa KeIslaman Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Al-Jabar, 7(2), 105–116.
Sanjaya, W. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.