ANALISIS EPISTEMIC COGNITION PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT

Suherman Suherman, Doni Arisyanto, Ahmad Sodiq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan tingkatan epistemic cognition peserta didik dengan gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD) dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek diambil dengan teknik purposive sampling. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 4 peserta didik yaitu 2 peserta didik dengan gaya kognitif FI dan 2 peserta didik  dengan gaya kognitif FD. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan tes pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes pemecehan masalah, observasi dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi waktu. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Peserta didik dengan gaya kognitif field independent dikategorikan dalam level epistemik dominan rasional dalam pemecahan masalah matematika, (2) Peserta didik dengan gaya kognitif field dependent dikategorikan dalam level epistemik dominan empiris dalam pemecahan masalah matematika.

 


Keywords


Epistemic Cognition; Gaya Kognitif; Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Adi Mahatya.

BSNP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Barrouillet, P., & Gauffroy, C. (2013). The Development of Thinking and Reasoning. Psychology Press.

Firdaus, F. (2017). Epistemic Cognition Peserta Dididk Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Surabaya: Prodi Matematika Universitas Negeri Sunan Ampel.

Fitri, R. (2014). Penerapan Strategi The Firing Line Pada Pembelajaran Matematika. Surakarta: Jurnal Pendidikan Matematika UNS.

Firdaus, F. (2017, Agustus 10). Epistemic cognition peserta didik dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer (undergraduate). UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/19300/10/Daftar%20Pustaka.pdf

Hasanah, I. (2014). ANALISIS METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN MODEL FLAVELL (undergraduate). UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/844/10/Daftar%20Pustaka.pdf

Hutami, A. T. (2015). The Effectivity of Metacognitive Approach In Mathematics Learning In Term Reasoning Ability of Students. Jakarta: Pendidikan Matematika dan sains.

JOKO WIDODO, B. (2016, November 19). ANALISIS EPISTEMIC COGNITION PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT KELAS XI SMA NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2015/2016 (masters). Universitas Sebelas Maret. Diambil dari https://eprints.uns.ac.id/29288/

Kamandoko, K., & Suherman, S. (2017). PROFIL INTUISI MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT. Jurnal Penelitian LPPM (Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) IKIP PGRI MADIUN, 5(1), 1–8.

Murni, A. (2010). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Masalah Kontekstual, 10.

Pratiwi, D. D. (2015). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SESUAI DENGAN GAYA KOGNITIF DAN GENDER. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 131–142. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.28

Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.131

Suryanti, N. (2014). PENGARUH GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 1. JINAH (Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika), 4(1). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJA/article/view/4601

Moshman, D. (2015). Epitesmic Cognition. New York: Psychology Press.

Murni, A. (2010). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Masalah Kontekstual. Yogyakarta: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA-UNY.

Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. PEDOGOGIA, 73.

Pratiwi, D. D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai Dengan Gaya Kognitif dan Gender. Al-Jabar, 131-141.

Pratiwi, D. D. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra Terhadap Pemecahan Konsep Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika, 117.

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. d. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Sujarwanta, A. (2013). Perbedaan Kemampuan Memecahkan Masalah Lingkungan Antara Gaya Kognitif Field Dan Field Depeendent. Metro: Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro.

Suryanti, N. (2014). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Akutansi Keuangan Menengah. Singaraja: Ilmiah Akutansi Dan Humanika Jinah.

Tan, O. R. (2004). Enchancing Thinking Through Problem Based Learning Approach . Singapore: Change Learning.

Usodo, B. (2011). PROFIL INTUISI MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDEN1), 78.

Usodo, B. (2011). Profil Intuisi Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kogntif Field Independent dan Field Dependent. Prosiding Seminar Prodi Matematika (hal. 98). Surabaya: Universitas Negeri Sunan Ampel.

Widadah, S. (2013). Profil Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 32-54.

Widodo, B. J. (2016). Analisis Epitesmic Cognition Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent Dan FieldDependent. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.