PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BERBANTUAN SOFTWARE SIGIL BERORIENTASI NILAI-NILAI KEISLAMAN MATERI MATEMATIKA SMP

Ramona Yasa, Mujib Mujib, Hasan Sastra Negara, Mardiyah Mardiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan serta efektivitas pembelajaran terhadap buku digital berbantuan Software Sigil yang berorientasi nilai-nilai keislaman pada materi matematika SMP dengan judul materi perbandingan dan skala di semester II kelas VII. Model ADDIE (analysis, design, development, implementasi, evaluation) merupakan model penelitian yang digunakan pada penelitian, dimana model ini termasuk ke jenis penelitian pengembangan Research & Development (R&D). Produk akan dinilah oleh orang yang kompeten dibidangnya dengan katagori penilaian materi, media dan agama. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi dan angket respon peserta didik, serta tes hasil belajar. Dalam analisis terkait kevalidan, kemenarikan, dan efektivitas peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata ahli materi 3,35, ahli media 3,56 dan ahli agama 3,31, sehingga dikatagorikan valid dan layak digunakan. Respon dari peserta didik diperoleh skor rata-rata uji coba skala kecil dan skala besar yaitu 3,47 dan 3,41, sehingga uji coba skala kecil maupun skala besar dikatagorikan sangat menarik. Efektivitas dari peserta didik yang melaksanakan tes  hasil belajar dengan pretest   dan   posttes yang dihitung menggunakan effect size (Es), diperoleh Es  = 0,42 yang kemudian dapat dikatakan efektif dalam katagori sedang. Berdasarkan data tersebut, produk yang dibuat oleh peneliti sudah efektif dan menarik sebagai bahan ajar pembelajaraan.

 


Keywords


Buku Digital, Nilai-Nilai Keislaman, Pengembangan, Software Sigil

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia.

A.H. Rustaman, Muhammad Iqbal, Winda Amelia. (2019). Pengembangan Modul Digital Praktikum Komputer Grafis 1 Dalam Format Elektronik Publication (EPUB) Untuk Meningkatkan Pemahaman Teknik Grafis Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (Topik: Digital Imaging) Vol. 3 No. 1. 224-229.

Asmayani S. E. & Maridjo Abdul H. (2014) “Pengaruh Kooperatif Teknik Talking Stick Terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SD” Vol. 3

Fitria Reza Amalia & Rudy Kustijono. (2019). Pengembangan e-Book Fisika Menggunakan Sigil Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Vol. 01 No. 01. 465-469.

Illa Restiyowati dan I Gusti Made S. (2012). Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA. Vol. 1 No. 1. 130-135.

I Made Tegeh, I Nyoman Jampel, dan Ketut Pudjawan (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan Dengan Model ADDIE. 208-216.

Lucky Chandra F. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Materi Tekanan Mencakup Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Sesuai Kurikulum 2013 Untuk Siswa SMP/MTS. Vol. 2 No. 1

Nur K. dan Rizky Wahyu Y.P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Persamaan Kuadrat Berbantuan Rumus Cepat. Vol. 3 No. 2. 125-138.

Hake R. Richard. (2002). Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High- school Physycs, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization” Vol.1 No.1. 1-14.

Setiana Wulandari, dkk. Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMK Menggunakan Lembar Kerja Siswa SMK Menggunakan Lembar Kerja Kumon Pada Materi Hukum Newton II. 1-11.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sri Latifah, Eka Setiawati, dan Abdul Basith. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu dan Kalor. 43-51.

Yaniawati, P., Kariadinata, R., Sari, N. M., Pramiarsih, E. E., & Mariani, M. (2020). Integration of e-learning for mathematics on resource-based learning: Increasing mathematical creative thinking and self-confidence. International Journal of Emerging Technologies in Learning. Vol 15 No 6. 60–78.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.